Tips Memilih Karpet untuk Ruang Tamu

NajwaKarpet.com - Pasti kita sering melihat karpet yang diletakkan di ruang tamu. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan karena selain memiliki fungsi guna, karpet juga memiliki fungsi estetika. Fungsi guna karpet pada ruang tamu adalah untuk melapisi ubin, menghangatkan suhu ketika diinjak, menjadi tempat duduk lesehan saat bersantai, hingga mengurangi tingkat kerusakan jika ada benda yang terjatuh.

Sedangkan, fungsi estetika karpet dapat dilihat dari kesan dan keindahan yang dimunculkannya. Beda warna dan motif karpet dapat menghasilkan kesan yang berbeda pula. Jangan sampai fungsi estetika karpet tidak dapat dimaksimalkan karena kesalahan dalam memilih warna dan motif karpet.

Tidak hanya dapat digunakan di ruang tamu yang berukuran luas saja, karpet juga dapat digunakan di ruang tamu yang sempit atau memiliki ruang terbatas. Asalkan tahu tipsnya maka kita dapat membuat ruang tamu yang sempit tampak lebih luas.  Nah, untuk yang belum tahu, berikut tips memilih karpet untuk ruang tamu.


Cara memilih karpet yang tepat untuk ruang tamu

Kesalahan dalam memilih karpet untuk ruang tamu dapat mengurangi nilai estetika desain interior ruang tamu dan menjadikan ruang tamu tampak lebih sempit. Jika sudah begitu maka kenyamanan pun menjadi berkurang. Supaya hal ini tidak terjadi, berikut tips memilih karpet untuk ruang tamu dari najwakarpet.com.

1. Pilih karpet yang sesuai dengan fungsi ruangan

Tips yang pertama adalah sesuaikan karpet dengan fungsi ruangan yang akan digunakan. Misalnya, karpet yang lembut cocok digunakan untuk kamar tidur karena bisa meningkatkan kenyamanan dan tidak memerlukan aktivitas yang tinggi. Sedangkan untuk ruang tamu, pastikan untuk memilih karpet yang mudah dibersihkan karena ruang tamu sering dilewati banyak orang dan memiliki aktivitas yang cukup tinggi.

2. Cocokan dengan tema ruangan

Perhatikan tema ruang tamu yang ada, kemudian pilih karpet yang sesuai dengan tema tersebut. Jangan sampai adanya karpet malah mendistraksi dekorasi ruangan yang sudah diatur sedemikian rupa. Pemilihan warna dan motif karpet yang tepat dapat membuat ruang tamu menjadi lebih nyaman.

Jika ruang tamu Anda sempit, hindari konsep dengan tema yang ramai seperti gaya bohemian. Namun, jika terlanjur memiliki furnitur yang berwarna maka pilihlah karpet polos berwarna kalem supaya bisa lebih netral.

3. Sesuaikan ukuran karpet dengan ruang tamu

Selain tema ruang tamu, perbandingan antara ukuran karpet dan ruang tamu pun harus diperhatikan supaya terdapat keseimbangan di dalamnya. Jangan sampai penggunaan karpet justru membuat ruang tamu menjadi tampak lebih sempit atau sesak. Sebaiknya, penggunaan karpet tidak lebih dari 50% luas alas ruang tamu.

4. Sesuaikan motif dan warna karpet dengan pencahayaan ruang tamu

Permainan motif dan warna pada karpet juga dapat membuat ruang tamu terlihat lebih luas. Untuk kesan yang lebih terang, warna-warna lembut seperti putih dan krem adalah pilihan yang tepat. Sedangkan untuk ruang tamu dengan pencahayaan yang cukup terang, pilihlah warna hangat seperti oranye, merah, atau kuning.

Jika ingin suasana yang berbeda, Anda bisa menggunakan karpet dengan beberapa paduan warna. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikan warna karpet dengan warna furnitur yang ada di ruang tamu. Jangan pula memilih karpet dengan motif berukuran besar atau yang terlalu rumit supaya ruang tamu tidak terlihat ramai dan sesak. Pilihlah karpet dengan motif garis supaya ruang tamu terlihat lebih panjang.

5. Atur posisi furnitur

Pengaturan posisi furnitur yang tidak tepat dapat membuat ruangan menjadi tampak lebih sempit. Untuk ruang tamu yang menggunakan karpet, sebaiknya hanya kaki depan furnitur saja yang menginjak karpet. Trik ini dapat membuat ruang tamu tampak lebih rapi dan enak dipandang mata.

Jika ingin menggunakan beberapa karpet dalam satu ruangan, pastikan warna dan motifnya serasi antara satu dengan yang lain. Hal ini ditujukan untuk menghindari kesan ruangan yang tampak terpisah-pisah dan mempermudah pengaturan furnitur.

6. Pilih karpet yang aman untuk kesehatan

Karpet adalah salah satu tempat yang paling sering diduduki atau ditiduri. Oleh karena itu, penting untuk memilih karpet yang aman untuk kesehatan. Jika Anda alergi debu atau memiliki riwayat sakit asma maka pilihlah karpet berbahan dasar wol. Alasannya adalah karpet dengan bahan dasar wol lebih mudah dibersihkan sehingga debu tidak menumpuk di karpet.

Meskipun karpet dengan bahan organik seperti wol dan rami dianggap lebih baik untuk kesehatan, tapi kebersihannya harus tetap dijaga. Jangan lupa juga untuk memerhatikan pewarna karpet karena pewarna kimia yang tidak aman dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

7. Pilih tekstur karpet yang sesuai

Ada beberapa hal yang bisa digunakan sebagai landasan dalam memilih tekstur karpet, seperti suhu lingkungan dan tema dekorasi. Jika Anda tinggal di daerah yang bersuhu rendah atau di ruang tamu Anda terdapat pendingin ruangan maka gunakanlah karpet wol untuk menghangatkan suhu. Namun, jika dekorasi ruang tamu Anda menggunakan konsep desain rustic maka karpet rami dapat menjadi solusinya.

8. Tentukan jumlah anggaran

Hal lain yang tidak kalah penting adalah jumlah anggaran yang dialokasikan untuk membeli karpet. Tanpa anggaran, Anda tidak akan bisa membeli karpet jenis apapun. Oleh karena itu, penting untuk menyeimbangkan antara anggaran dengan jenis karpet yang dibutuhkan. Jangan sampai kita membeli karpet hanya karena harganya yang mahal atau murah saja, tapi tidak sesuai dengan yang kita butuhkan.



Carilah beberapa referensi harga karpet yang sesuai dengan kebutuhan, seperti motif, ukuran, warna, dan bahan karpet. Meskipun lumayan memakan waktu, tapi hal ini perlu dilakukan demi memperoleh karpet yang tepat dengan anggaran yang pas. Jangan sampai menyesal karena terlalu terburu-buru dalam membelinya.
Nah, itulah tips memilih karpet untuk ruang tamu. Sekarang Anda bisa membuat ruang tamu yang sempit menjadi tampak lebih luas dengan menggunakan karpet yang sesuai. Selain itu, tidak ada lagi ruang tamu yang tampak sepi karena ukuran karpet dan luas ruangan yang tidak seimbang.

Silakan periksa ruang tamu Anda masing-masing, apakah karpet yang ada di sana sudah cukup membuat suasana menjadi nyaman? Atau karpet yang ada perlu diganti karena kurang sesuai dengan konsep desain interior ruang tamu? Atau justru Anda ingin mendekorasi ulang ruang tamu?



Jika karpet yang ada di ruang tamu Anda sudah sesuai dengan konsep desain interiornya maka jangan lupa untuk memerhatikan kebersihannya. Namun, jika Anda ingin mengganti karpet ruang tamu maka gunakanlah tips di atas sebagai referensi atau silakan kunjungi website najwakarpet.com.

Najwakarpet.com merupakan produsen karpet terpecaya yang menjual karpet dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau. Najwakarpet.com juga menjual karpet dengan berbagai macam motif, warna, dan bahan. Jadi, bisa dikatakan bahwa najwakarpet.com adalah solusi dari segala permasalahan karpet Anda.
Ingat, karpet yang terbaik bukanlah karpet yang memiliki harga mahal, tapi karpet yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan dulu kebutuhan Anda, baru pilih karpetnya. Jangan lupa pula untuk membeli karpet di najwakarpet.com. Selamat mencoba!