Serba-Serbi Bahan dan Bentuk Karpet Lantai

NajwaKarpet.com - Saat ini, karpet telah menjadi salah satu komponen desain interior yang cukup penting karena dapat memberikan kesan khusus pada sebuah ruangan. Tak heran jika banyak orang yang menggunakan karpet untuk mempermanis tampilan rumah atau apartemennya. Jenis karpet yang paling sering digunakan adalah karpet lantai. Selain mudah didapat, karpet lantai juga memiliki banyak jenis dan bentuk.
Masing-masing jenis dan bentuk tersebut memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai macam karakteristik karpet lantai sebelum membelinya. Untuk memudahkan Anda, berikut rangkuman tentang serba-serbi bahan dan bentuk karpet lantai dari najwakarpet.com.

Macam-macam bahan karpet lantai



Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa karpet lantai memiliki karakteristik yang berbeda-beda, tergantung dari bahan yang digunakannya. Supaya Anda tidak salah memilih karpet lantai yang sesuai dengan kebutuhan maka najwakarpet.com akan memberikan informasi mengenai serba-serbi bahan dan bentuk karpet lantai sebagai berikut.

1. Karpet wol

Karpet lantai berbahan dasar wol merupakan salah satu jenis karpet yang cukup populer dan mudah ditemui. Teksturnya yang lembut dan tidak mudah kotor menjadi alasan mengapa karpet ini ramai peminat. Karpet wol juga dapat memberikan kesan nyaman dan mewah pada sebuah ruangan.

Karpet berbahan dasar wol ini cocok digunakan di tempat yang sering dilalui banyak orang, seperti ruang keluarga atau ruang makan. Jangan gunakan karpet ini di tempat yang lembab karena warnanya dapat pudar dan berjamur.

2. Karpet katun 

Biasanya, harga karpet berbahan dasar katun lebih murah daripada karpet berbahan dasar wol karena daya tahannya yang relatif lebih singkat atau tidak tahan lama. Karpet ini lebih tepat digunakan di area umum seperti dapur atau area foyer (area perantara antara pintu masuk dan bagian dalam rumah atau ruang tamu).

3. Karpet benang rami

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai bahan dasar karpet adalah benang rami. Kelebihan dari karpet benang rami adalah ketahanannya yang cukup baik dan mudah dipadupadankan dengan berbagai macam gaya desain interior rumah. Karpet jenis ini biasanya digunakan di bagian luar rumah karena tahan dengan berbagai macam cuaca.

4. Karpet kulit hewan

Karpet kulit hewan merupakan salah satu barang mewah yang mempunyai nilai tinggi. Biasanya, karpet jenis ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal karena jumlahnya yang terbatas dan tingkat kesulitan untuk mendapatkannya yang cukup tinggi. Oleh karena itu, karpet kulit hewan ini lebih sering dijadikan sebagai dekorasi ruangan untuk menarik perhatian. Ingat, jangan letakkan karpet jenis ini di ruangan yang lembab supaya tidak rusak.

5. Karpet sutra

Selain karpet kulit hewan, karpet sutra juga memiliki harga yang cukup mahal karena bahan yang digunakan berasal dari serat alami. Karpet jenis ini memiliki kesan mewah dengan corak dan warna  yang kuat. Yang perlu diingat, karpet sutra dapat menimbulkan bekas kaki sehingga perlu diperhatikan penempatannya.

6. Karpet sintetik

Sintetik merupakan alternatif bahan dari karpet berbahan dasar alami, seperti wol, katun, sutra, dan kulit hewan. Karpet jenis ini memiliki beberapa kelebihan, yakni harganya yang terjangkau, mudah didapatkan, mudah dibersihkan, serta memiliki kesan elegan dan mewah seperti bahan asli. Selain kelebihan, karpet sintetik juga memiliki kekurangan, yakni mudah rusak karena paparan sinar matahari, perubahan cuaca, dan kelembapan udara.

7. Karpet vinyl

Karpet vynil merupakan karpet yang terbuat dari bahan PVC dan pasir putih sehingga memiliki tingkat kelenturan yang cukup baik. Penggunaan bahan kimia dalam pembuatan karpet jenis ini membuatnya memiliki tingkat ketahanan yang baik. Biasanya, antara 20-25 tahun.

Karpet dengan bahan vinyl ini memiliki tekstur yang nyaman dipijak karena mengandung busa. Selain itu, perwatan karpet jenis ini pun tergolong mudah karena cukup disapu atau dipel saja. Sangat praktis, bukan?
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kita harus paham mengenai serba-serbi bahan dan bentuk karpet lantai karena adanya perbedaan karakteristik dari masing-masing bahan dan bentuk tersebut. Oleh karena itu, berikut pembahasan mengenai berbagai bentuk karpet lantai.

Berbagai bentuk karpet lantai


Sama seperti bahan-bahan yang digunakan untuk membuat karpet lantai, bentuk karpet lantai pun bermacam-macam sesuai dengan tempat dan kegunaannya. Lalu, apa saja bentuk-bentuk karpet lantai yang ada?

Berikut jawaban beserta penjelasannya.

1. Karpet persegi

Karpet persegi merupakan karpet lantai yang paling umum kita temui. Bentuk karpet ini sangat mudah disesuaikan dengan berbagai bentuk ruangan di dalam rumah, seperti ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar tidur.

2. Karpet bulat atau oval

Karpet bentuk bulat atau oval sering menjadi pusat perhatian dalam dekorasi sebuah ruangan. Karpet bulat atau oval dapat memberi kesan nyaman dan hangat pada sebuah ruangan. Oleh karena itu, karpet ini sering kita temukan di ruang keluarga.

3. Karpet sabit

Seringnya, karpet lantai berbentuk sabit ini diletakkan di sisi depan pintu. Karpet bentuk ini dapat berfungsi sebagai lap kaki sekaligus menambah kesan cantik bagi ruangan tertentu.

4. Karpet custom 

Karpet jenis ini memiliki bentuk yang bermacam-macam sesuai dengan keinginan pemiliknya. Kesan yang ditimbulkan oleh karpet dengan bentuk cutom pun bermacam-macam, mulai dari elegan hingga ceria. Karpet custom ini biasanya digunakan untuk dekorasi ruangan dengan tema tertentu.



Itulah beberapa jenis bahan dan bentuk karpet lantai yang bisa dipilih untuk melengkapi dekorasi rumah Anda. Dengan pengetahuan tentang serba-serbi bahan dan bentuk karpet lantai di atas, desain interior rumah impian bukan lagi hanya mimpi. Kini, Anda bisa mewujudkannya dengan menambahkan karpet lantai yang tepat. Selain itu, Anda juga bisa menentukan sendiri kesan apa yang ingin ditampilkan dalam ruangan tersebut.

Penjelasan mengenai berbagai macam karakteristik karpet lantai di atas juga bisa membantu Anda dalam meminimalisir kerusakan pada karpet karena salah penempatan atau cara perawatan. Jangan sampai karpet untuk ruang tertutup kita letakkan di ruang terbuka atau sebaliknya karena karpet bisa rusak dengan cepat. Akibatnya, pengeluaran pun menjadi bertambah karena harus membeli karpet yang baru.

Masih bingung mau pilih jenis karpet lantai yang mana?



Tenang saja, kami punya solusinya.
Najwakarpet.com adalah produsen karpet terlengkap yang menjual karpet dengan kualitas bagus dan harga yang terjangkau. Ada banyak pilihan motif, warna, bahan, dan bentuk karpet di najwakarpet.com. Tidak hanya itu, najwakarpet.com juga melayani pemesanan karpet dengan bentuk custom yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Sangat menarik bukan?

Kesimpulannya, tentukan dulu konsep dekorasinya, baru beli karpetnya. Atau, tentukan dulu letak dan fungsinya, baru beli karpetnya. Perhatikan juga jumlah dana atau anggaran yang dimiliki supaya tidak boros. Oh iya, jangan lupa beli karpetnya di najwakarpet.com, ya.
Selamat berekseperimen dalam mendekorasi ruangan!