5 Trik Membeli Karpet Murah Berkualitas

NajwaKarpet.com - Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini karpet telah menjadi salah satu komponen penting dalam dunia desain interior. Banyaknya pilihan motif dan warna merupakan salah satu alasan kenapa benda ini sangat diminati. Alasan lainnya adalah karena karpet memiliki dua fungsi yang berbeda, yakni fungsi guna dan fungsi estetika.

Fungsi guna karpet adalah melapisi ubin, menghangatkan suhu ketika diinjak, menjadi tempat duduk lesehan saat bersantai, hingga mengurangi tingkat kerusakan jika ada benda yang terjatuh. Sedangkan, fungsi estetika karpet dapat dilihat dari kesan dan keindahan yang dimunculkannya. Sangat lengkap, bukan?
Banyaknya fungsi yang ditawarkan tersebut membuat karpet memiliki harga yang cukup mahal. Apalagi beberapa jenis karpet memiliki bahan dasar yang sulit didapat sehingga otomatis membuat harganya melambung tinggi. Namun Anda tidak perlu khawatir, najwakarpet.com memiliki 5 trik membeli karpet murah berkualitas. Berikut ulasannya.

Project Karpet di Hotel Savana - Malang

Cara membeli karpet murah berkualitas

Sama seperti produk lain, karpet juga memiliki harga yang bervariasi. Karpet yang dibuat secara hand made pasti lebih mahal daripada karpet yang dibuat oleh mesin. Selain itu, bahan dasar yang digunakan juga berpengaruh terhadap harganya. Nah, supaya bisa mendapatkan karpet yang murah dan berkualitas maka Anda harus tahu trik-triknya. Berikut 5 trik membeli karpet murah dan berkualitas.

1. Pilih karpet sintetis

Sintetis merupakan bahan alternatif yang bisa digunakan untuk membuat karpet. Kelebihan dari karpet sintetis adalah harganya yang terjangkau, mudah didapatkan, dan mudah dibersihkan. Salah satu bahan sintetis untuk karpet yang paling populer adalah nilon. Karpet sintetis jenis ini memiliki harga yang paling mahal di antara karpet sintetis lain, tapi hal itu sebanding dengan kualitas dan ketahanannya yang sangat baik.
Selain nilon, polyester juga bisa menjadi pilihan. Karpet sintetis jenis ini memiliki harga yang lebih murah dengan kualitas yang tak kalah baik. Karpet sintetis dengan bahan polyester juga mudah dibersihkan serta  memiliki pilihan motif dan warna yang beragam. Bahkan, warna pada karpet polyester lebih cerah dibandingkan dengan warna pada karpet nilon.

Jika ingin karpet sintetis dengan harga yang paling murah maka olefin atau polypropylene bisa menjadi solusi. Karpet sintetis jenis ini cocok digunakan untuk tempat yang tidak membutuhkan banyak aktivitas karena tingkat ketahanannya yang tidak sebaik karpet nilon dan polyester. Karpet olefin memang tidak memiliki tingkat ketahanan penggunaan yang baik, tapi karpet ini tahan terhadap noda sehingga kebersihannya bisa tetap terjaga.

2. Lakukan survei harga dan gunakan promo

Kegiatan ini memang cukup menyita waktu, tapi tetap harus dilakukan demi mendapat karpet yang berkualitas baik dengan harga miring. Sebelum membeli karpet, ada baiknya jika Anda mengecek harga terlebih dahulu di beberapa toko, marketplace, atau online shopp. Kemudian, bandingkan karpet-karpet tersebut dan ambilah keputusan yang terbaik.

Selain harga, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal lain, seperti jarak toko, ongkos kirim, atau ada tidaknya garansi. Jika memungkinkan, gunakanlah promo berupa potongan harga atau diskon pada saat-saat tertentu, seperti promo hari kemerdekaan, lebaran, atau tahun baru. Dengan begitu, Anda bisa menghemat anggaran lebih banyak.

3. Pastikan stoknya ada di toko

Jika Anda membeli karpet secara online maka pastikan untuk menanyakan apakah stoknya ada di toko atau tidak. Bisa jadi penjual merupakan distributor kedua atau ketiga yang baru membeli barang ketika ada pembeli. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap harga jual karena mereka akan menaikan harga barang untuk memperoleh keuntungan. Ingat, semakin panjang alur distribusi maka harga barang semakin tinggi.
Namun, jika Anda membeli langsung di toko maka tanyakan apakah semua stok produk merupakan kualitas pertama atau bukan. Maksud dari karpet dengan kualitas pertama adalah karpet yang tidak memiliki kecacatan, baik dari segi warna atau produksi, dan dilengkapi dengan garansi. Harga karpet kualitas ini lebih mahal daripada karpet dengan kualitas kedua.

Atau bisa jadi toko menjual karpet dengan kualitas kedua. Maksud dari karpet dengan kualitas kedua adalah karpet yang memiliki sedikit kecacatan produksi seperti warna yang pudar, tapi kualitasnya masih tetap baik dan dilengkapi dengan garansi. Biasanya, karpet dengan kualitas kedua ini dijual lebih murah. Jika Anda tidak memiliki masalah dengan warna karpet maka karpet dengan kualitas kedua ini bisa menjadi salah satu alternatif.

4. Perbaharui underpad

Selain menekan biaya pada saat pembelian, Anda juga bisa meminimalisir biaya perawatan karpet sehingga karpet menjadi tahan lama dan tidak perlu membeli yang baru. Caranya adalah dengan memilih underpad atau alas karpet yang paling tahan lama. Alas karpet yang baik dapat membuat karpet bekerja dengan lebih maksimal. Oleh karena itu, pemilihan alas karpet menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan.
Mungkin Anda bisa menggunakan bonded polyurethane foam underlay atau biasa disebut dengan rebond atau chipfoam. Alas karpet ini menawarkan kualitas yang sesuai dengan harganya sehingga Anda tidak akan merasa dirugikan. Untuk kepadatanya, Anda bisa menggunakan kepadatan minimal 8 pon (lbs) dan ketebalan 3/8” (0,375 inci). Spesifikasi ini sering digunakan di rumah-rumah karena tingkat kenyamanan dan harganya yang seimbang.

5. All in one

Alternatif lain yang bisa Anda gunakan adalah membeli karpet yang sudah memiliki underpad atau alas. Biasanya, beberapa karpet memiliki alas busa poliuretan di belakangnya sehingga Anda tidak perlu lagi untuk membeli alasnya. Karpet jenis ini memiliki harga yang lebih murah daripada karpet yang dijual terpisah dengan alasnya. Selain itu, pemasangannya pun mudah sehingga Anda bisa menghemat biaya dengan cara memasangnya sendiri.

Nah, itulah 5 trik membeli karpet murah dan berkualitas yang bisa Anda praktikan jika ingin membeli karpet, tapi keuangan sedang mepet. Ingat! Selain harga, Anda juga harus mempertimbangkan hal-hal lain sebelum membeli karpet, seperti kualitas karpet (pertama atau kedua), alas karpet (terpisah atau menjadi satu), bahan karpet, kegunaan, dan beberapa hal lain.

Selain menekan harga ketika membeli, Anda juga harus meminimalisir kerusakan pada karpet pada saat pemakaian. Bersihkanlah karpet dengan teratur supaya bisa tetap awet dan segera ganti alas karpet jika sudah rusak. Jika karpet tidak dirawat maka kemungkinan rusaknya pun semakin besar sehingga kita harus kembali menyisihkan anggaran untuk membeli karpet yang baru.

Jika tidak ingin repot melakukan survei harga, Anda bisa langsung mengunjungi najwakarpet.com. Dijamin pasti Anda bisa mendapatkan karpet dengan harga yang miring, tapi kualitasnya tetap terbaik. Selain itu, najwakarpet.com juga memiliki banyak pilihan warna dan motif karpet yang sesuai dengan tren saat ini. Bahkan, jika Anda ingin memesan karpet dengan bentuk tertentu juga bisa. Sangat lengkap bukan?
Masih ragu?

Yuk buktikan sendiri! Silakan datang langsung atau kunjungi najwakarpet.com untuk mendapatkan karpet murah dengan kualitas terbaik.